Senin, 25 November 2013

Kuliner Taman Kota Sampit

Nikmat mabal mana yang kau dustakan, anak muda?
Sampit Culinary kembalii. Saya sedang gemar gemarnya bolos singgah ke taman kota pada jam kerja seminggu belakangan. Pada jam menjelang makan siang (10-11 siang) berbagai macam gerobag makanan ada di sini. Saya sampai hapal urutan penjaja makanan Taman Kota shift pagi.

Dari arah selatan ke utara, ada es tebu, nasi kuning, pecel, getuk, soto ayam, pecel, rujak manis, es kedelai, batagor, mie ayam, bubur ayam dan es buah. Antar penjaja terjalin integrasi yang sangat baik sehingga mau pesen apaaa makannya di meja siapaa gitu ga masalah. 

Bubur Ayam
Menu favorit saya adalah mie ayam ditambah bacem ampela dari bubur ayam dan telor dadar dari pecel plus susu kedelai tanpa susu merk Enak dari cah 'mbing #maruk #biarin. Sementara spot favorit selalu di meja bubur ayam walopun ke situ cuma buat makan bacem ampelanya terus pesennya mie ayam. Hahaha. Kalo ketemu cewe ribet sendiri foto foto makanan, bisajadi itu saya, coba ditegor, terus ditraktir. 

Perkara harga, selayaknya gerobag gerobag makanan gitulah. Misalnya mie ayam Rp 8.000, bubur ayam Rp 10.000, pecel porsi standar Rp 10.000 (kalau porsi saya yang biasanya abusive sama lauk yang ada bisa nyampe Rp 18.000
Keknya soto. Atau nasisop. Yang pasti enak!

Pecel yang ulang taun, Bli Tar. #garing #biarin
berkat ekstra ayam, telor dan gorengan) gitulah. Jadi bahkan di tanggal lansia, makan di sini cukup Rp 15.000 udah kenyang.

Saya sarankan untuk datang ke tempat ini di jam brunch, antara jam 10 - 12 siang gitulah. Soalnya kalo terlalu pagi, banyak gerobag yang belum buka sementara kalau terlalu siang (jam 1-2 siang) gerobagnya harus ganti shift sama pedagang aksesoris handphone. Makan sambil buru buru mana enak, apalagi di situ tempatnya teduh dan enaaakk aja. Apalagi buat pacaran :p

Semoga kelak, saat Taman Kota benar benar menjadi ruang hijau terbuka yang katanya akan bersih dari pedagang, para penjaja makanan ini bisa tetap berdagang, soalnya kalau dateng ke ruang hijau terbuka terus bengong ga ngemil apa apa itu ga asik. Udah gitu aja.












Getuk rasa mochi
Susu Kedelai Cah Mbing
Oya, satu review tambahan, saya sempat melempar pertanyaan melalui akun @sampitkuliner soal di mana tempat mie ayam enak. Beberapa mention yang masuk (terimakasih banyak sebelumnya atas respon kalian) paling banyak menyebut dari Oye, Mie Ayam Jakarta sampai Rasa Baru.

Saya bukan bermaksud mencoba antimainstream lalu menjadi sok sok hipster di sini. Saya sering makan di tempat yang disebut di atas namun maaaaf sekali, saya belum bisa mendampuk satupun di antara ketiga tempat di atas sebagai mie ayam paling enak. 

Tentu, soal selera adalah perkara paling bias sedunia. Tidak ada yang bisa memberi pendapat objektif sebab palet lidah tidak akan serupa. Hehe, jadi, atas nama opini paling bias dan subjektif saya harus memberitau kalau Mie Ayam Paling Enak Versi Admin Sampit Culinary adalah..

Mie Ayam Coba Rasa Pojok Taman Kota.

 Saya pertama kali mencoba mie ayam ini kala seorang kawan merekomendasikannya dengan berapi api. Dia bilang kalau mie ayam ini sudah enak bahkan tanpa tambahan saos dan kecap.

Saya selalu kesulitan menentukan makanan berkuah semacam soto/rawon/bakso/mie ayam enak atau tidak lantaran semuanya bagi saya rasanya sama: kecap. 
 
Nah, sekitar enam bulan lalu saya mampir ke sini. Tempatnya waktu itu masih kecil, mejanya hanya beberapa. Sekarang jadinya banyaaak sekali mejanya dan pamannya udah pasang spanduk baru ciee.

Kuahnya berpasir dan kental lantaran dicampur dengan godogan ayam karinya itu. Ayamnya manis dan melimpah ruah dan jangan lupa buat nambah ceker soalnya cekernya enak banget saking enaknya saya gapermah segan buat makan pake tangan (cekernya, bukan mie ayamnya yaa)

Harga perporsi Rp 10.000 dengan ceker Rp 1.000 per biji. Hanya buka menjelang maghrib sampai malam sekali. Tapi belakangan sejak popular jam 8 juga udah abis. Kalau weekend harus bersabar soalnya yang makan di sini banyaaaakk sekali. 







Salam.


Sampit Culinary

Tidak ada komentar:

Posting Komentar