Kamis, 04 Juli 2013

Nasi Kebuli Depot Landy

Bicara soal santapan untuk sarapan, Sampit memiliki beberapa panganan yang kerap dipilih untuk sarapan. Antara lain nasi kuning, soto/sop dan rawon dan memiliki nama nama besar untuk dideklarasikan sebagai 'yang paling enak' semacam Soto Bunga/Quin, nasi kuning suprapto, hingga Uli Rawon.

Tapi untuk yang ingin mencoba sarapan dengan menu yang berbeda, bisa mampir ke Depot Landy. Tempatnya sangat khas warung warung nasi kuning (entah kenapa tempat2 sarapan semacam ini ga jauh jauh dari kursi plastik, meja panjang dan semacam taplak dari plastik bercorak kotak kotak. Oh, tak lupa kalender hadiah swalayan lokal yang memajang foto artis besar besar di setiap lembarnya) dan menyajikan menu standar sarapan. Soto, sop, nasi kuning. Tapi ada satu menu yang berbeda, nasi kebuli.

Bicara soal konsep, nasi kebuli adalah nasi yang dimasak dengan rempah timur tengah bersama kaldu kambing. Ini takaran mutlak dan rasa yang dihasilkan musti berempah, berlemak (karena tak jarang ada yang menguleninya dengan mentega) dan gurih. Karenanya maafkan, buat saya ini adalah makanan salah nama sebab, ini sangat nasi uduk sekali. Ditambah toping berupa abon, suwiran telur, suwiran ayam, perkedel dan telur pindang yang membuatnya sangat mirip nasi uduk.

Sarapannya orang indonesia memang ajaib, I know. Pagi pagi sudah mengkonsumsi nasi kuning dengan ayam ayaman dan telur berbumbu dan kalo makan soto, ga bisa kalo ga pedes nendang. Satu lagi, mengunjungi tempat tempat makan untuk sarapan adalah tantangan tersendiri. Kita tidak pernah tau berapa yang akan dibayarkan karena tempat makan tersebut tidak mencantumkan harga dan tidak ada ketetapan yang serupa di antara pedagang2. Di Depot Landy, seporsi nasi kebuli dan segelas es teh menghabiskan biaya Rp 20.000. Eniwei, seporsi nasi kebuli (atau uduk, terserahlah) di depot Landy ini patut dicoba. Pas untuk sarapan dan porsinya cukup bikin kenyang.

Nama tempat makan : Depot Landy
Alamat : Jl. MT Haryono Timur deteran pertokoan sebelum lampu merah
Range Harga : Minuman 5 - 10 ribu, makanan 10 - 15 ribu
Alasan rekomendasi : Lumayan untuk yang pengen mencoba sarapan dengan menu berbeda.




Sampit Culinary

Tidak ada komentar:

Posting Komentar